Welcome

Kamis, 26 April 2012

T T M - Mantra Sakti Penyelamat Diri


" Tolong -  Terimakasih - Maaf "
Terinspirasi dari seorang teman kost waktu kuliah dulu yang awalnya mengenalkan 'mantra' itu kepada saya. Yapph... Mantra yang paling sakti dalam kehidupan sosial kita sehari-hari dan bahkan insyaAllah juga bisa meringankan kita di akhir hayat kelak karena ikhlas dalam beramal. Eiittttss....tunggu dulu, ini bukan TTM-nya 'DuoMaia' lho yaa... #hihihii*  Baiklah... sekarang saatnya kita kupas satu-persatu 'ajian' mantra ini.

Mantra I : "Tolong"
Lazimnya diucapkan saat kita meminta pertolongan kepada orang lain dalam bentuk apapun. Mengucapkan mantra ini dapat menghindari kesan sombong dan angkuh. Ini juga tentunya sebagai sikap kita menghargai orang, dengan demikian permintaan kita akan diterima dan dilakukan dengan senang hati pula oleh orang yang kita mintai tolong.

Mantra II : "Terima kasih"
Kata ini mutlak diucapkan kepada semua orang atas pemberian dalam bentuk apapun, walau hanya sekedar perhatian sekalipun. Berterimakasih kepada Tuhan itulah yang disebut syukur nikmat. Allah SWT berfirman, "..Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.." [QS. Ibrahim: 17]
Tuh dari ayat di atas sudah jelas kan bahwa berterimakasih itu membawa berkah. Berterimakasih kepada orang lain berarti kita menghargai orang tersebut dan tentunya perbuatan ini dinilai sebagai sopan santun kita dalam pergaulan sehari-hari. Lalu berterimakasih kepada diri sendiri juga perlu dilakukan sebagai bentuk kita menghargai diri sendiri dan kebanggaan terhadap diri. Hal ini juga baik menurut ahli psikologi lho... Toh siapa lagi yang akan menghargai diri selain kita sendiri. Dan yang lain mengatakan bahwa tidak akan bisa menghargai orang lain selama seseorang itu tidak bisa menghargai dirinya sendiri.

Mantra III : "Maaf"
Meminta maaf merupakan bentuk pertanggungjawaban seseorang. Berani mengakui kesalahan membuat seseorang menjadi sosok yang pemberani dan bertanggung jawab. Pada suatu kondisi tertentu memaafkan itu memang sulit, tetapi lebih sulit lagi meminta maaf. Butuh keberanian dan kesadaran diri yang kuat hingga permintaan maaf itu terucap. Hanya orang-orang tertentu yang berani mengakui salah dan meminta maaf atas kekhilafannya, dan saya yakin teman-teman termasuk orang-orang yang seperti itu. Aamiin.. ^_^
Berikut ini ayat tentang pentingnya saling memaafkan sebagaimana dalam firman Allah SWT, “...Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” (Asy-Syuura: 43)

Demikianlah mantra wajib yang tak pernah luput dari keseharian kita. Marilah kita membiasakan diri mengucapkan mantra-mantra ini agar hidup kita selalu tenang dan damai, karena ketenteraman hidup itu hanya ada ketika kita mampu menyikapi hidup dengan kerendahan hati dan selalu menghargai sesama serta bertakwa pada Yang Maha Kuasa. Wallahua'lam...

" Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (Yaitu) orang-orang yag menafkahkan (hartanya), baik diwaktu lapang maupun di waktu sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. Dan (juga) orang yang apabila melakukan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka, dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Allah. Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya, dan itulah sebaik-baik pahala orang yang beramal " (Qs. Ali Imran 133-136).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trims atas komentarnya yaa... (&_&)